Beranda » Artikel Blog » DESAIN RUANGAN KELUARGA TERBUKA KEDAP SUARA

DESAIN RUANGAN KELUARGA TERBUKA KEDAP SUARA

Diposting pada 20 April 2021 oleh ibnupramudia | Dilihat: 36 kali | Kategori:

4 CARA RUANGAN TERBUKA KEDAP SUARA

Ruang keluarga menjadi tempat berkumpulnya keluarga disaat santai, bercanda tawa menjadi topik utama ketika kita bersama keluarga berkumpul jadi satu di ruangan keluarga. Desain ruang keluarga terbuka membuat kita terasa nyaman ketika berkumpul , udara terasa sejuk dari luar dan kita tidak merasakan pengap pada ruangan. Ada kelebihan dan kekurangan ketika kita memilih ruang keluarga terbuka. Kelebihan dari ruangan terbuka yaitu sirkulasi udara yang segar dari luar dan ruangan tidak terasa pengap, kekurangannya yaitu anda merasa terganggu dan kurang nyaman di karenakan kebisingan suara yang di hasilkan dari luar seperti suara kendaraan bermotor yang berlalu lalang , suara kegiatan tetangga sebelah anda.

Siapa sih yang tak sebal dengan suara bising dari luar rumah yang sering mengganggu? Untungnya, ada cara membuat ruangan kedap suara yang mudah dan efektif. Mau tahu? Polusi suara seperti kebisingan adalah masalah utama yang mungkin dialami oleh banyak orang terutama yang tinggal di perkotaan.Gangguan suara kendaraan, suara deru mesin, dan berbagai macam sumber suara lainnya jamak dialami banyak orang.

Meskipun dalam batas tertentu masih bisa ditoleransi, namun pasti banyak orang lebih memilih untuk menyenyapkan polusi suara tersebut, kan?Solusi paling mudah dan efektif tentu saja dengan membuat ruangan keluarga di rumah kedap suara.

4 CARA RUANGAN TERBUKA KEDAP SUARA

Kami dari PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI memiliki berbagai trik untuk anda mendesain ruangan keluarga kedap suara:

1. MEMASANG TIRAI 

Area besar dari kaca, seperti jendela dan pintu kaca, dapat bertindak sebagai pemantul suara sehingga terkesan berisik. Tirai akan membantu menghilangkan kebisingan tersebut. Sebuah kain tipis dapat bekerja dengan baik terutama karena tidak akan benar-benar memblokir cahaya atau pandangan. Untuk meredam suara secara maksimal, tirai bekerja lebih baik daripada window blinds, karena ada lebih banyak kain yang digunakan.
Menurut kami menggunakan tirai merupakan salah satu langkah awal meredam kebisingan yang muncul dari jendela, jika kita memakai kain atau korden menurut anda terlalu menghabiskan banyak budget.
2. MEMBERI SEKAT PADA RUANGAN 
Memberi sekat pada ruangan menjadi salah satu opsi yang mungkin bisa anda terapkan pada ruangan anda. Jika bisa, cobalah untuk memecah ruang terbuka Anda untuk menciptakan zona tertentu. Cara ini juga akan membantu mengurangi kebisingan. Misalnya dengan membuat dinding pemisah yang tidak penuh sehingga tidak terkesan sempit dan tetap mempertahankan ruang terbuka.
Menurut kami PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI sekat kayu bisa anda jadikan solusi untuk memberi sekat pada ruangan, tidak harus tembok yang kokoh. Untuk membikin sekat kayu, biaya yang anda keluarkan lebih hemat jika dibandingkan menggunakan sekat temboh yang kokoh.
3. MEMASANG MATERIAL PEREDAM

Material peredam suara memang sangat efisien untuk mengatasi kebisingan suara yang ada pada ruangan anda, baik kebisingan suara yang dihasilkan dari luar, maupun dari dalam ruangan. Ada berbagai macam material peredam suara yang bisa anda gunakan untuk ruangan terbuka anda. Ada material rockwool , glasswool , busa telur, greenwool , busa piramid dll.

Menurut kami PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI material peredam yang cocok untuk ruangan anda yaitu material rockwool. Material peredam rockwool selain berguna untuk meredam suara, juga berguna untuk meredam panas. Material peredam rockwool terdapat berbagai macam density, mulai density 60-100, semakin tinggi density yang anda pilih maka semakin kedap suara ruangan anda. Untuk ruangan anda kami sarankan untuk menggunakan material peredam rockwool density 100, material peredam rockwool density 100 meruapan density yang paling tinggi yang bisa anda gunakan pada ruangan anda.

Material peredam rockwool anda ini nantinya akan kita pasangkan pada bagian dinding ruangan anda untuk membantu proses penyerapan suara, dan kami pasangkan pada bagian atap ruangan anda. Setelah memasang material peredam rockwool, maka untuk lapisannya anda bisa memasang triplek tebal atau gypsum akustik untuk membantu proses penyerapan suara. Setelah memasang rockwool maka langkah anda selanjutnya memasang marterial karpet peredam pada ruangan anda.

4. MEMASANG KARPET LANTAI
Suara bising lebih kentara pada ruang keluarga yang memiliki lantai kayu. Namun, tidak tertutup kemungkinan kalau lantai berbahan keras, seperti keramik juga memantulkan suara saat kita melangkah. Salah satu solusinya adalah dengan memasang karpet peredam. Selain mengurangi suara, karpet juga dapat menjadi penentu fungsi suatu area di ruangan yang besar.
Cara lain untuk menghilangkan kebisingan adalah dengan menutupi lantai yang keras dengan karpet. Contohnya, penggunaan karpet di ruang tamu dapat meminimalisasi kebisingan dan membantu menentukan area tempat duduk, sehingga membuat ruangan terasa lebih intim. Ketika menggunakan karpet apalagi yang tebal semakin baik penahan suaranya.

Menurut kami PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI anda menggunakan karpet peredam tebal pada lantai untuk mengantisipasi pantulan suara pada ruangan sehingga suara tidak menggema. Pemasangan karpet pada ruangan ini nantinya anda pasang full pada ruangan kalau bisa.
Demikian artikel dari PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI terkait desain ruangan terbuka kedap suara, semoga bisa anda gunakan untuk refrensi saat anda mendesain ruangan terbuka kedap suara.

PT. GLOBAL ISOLASI MANDIRI

Supplier Peredam Suara & Peredam Panas

Rockwol, Glasswool, Ceramic Fiber, Busa Telur, Karpet Peredam, Greenwool Hilon, Ruber Foam Insulflex, Aluminium Foil Dll

 

Bagikan

DESAIN RUANGAN KELUARGA TERBUKA KEDAP SUARA | Toko Material Peredam

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

PT. GLOBAL ISOLASI MANDIRI

Chat via Whatsapp
Ibnu Pramudia
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ibnu Pramudia
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja