Beranda » Artikel Blog » 5 CARA MENDESAIN HOME THEATER

5 CARA MENDESAIN HOME THEATER

Diposting pada 24 Maret 2021 oleh ibnupramudia | Dilihat: 31 kali | Kategori:

5 TRIK MENDESAIN HOME THEATER

Diera pandemi seperti ini semua kegiatan sedikit di minimalisir untuk memutus rantai virus covid 19. Kususnya di pusat keramaian semua kegiatan di dibatasi , contohnya di mall kegiatan yang sekiranya menimbulkan keramaian dilarang untuk dilakukan. Seperti theater yang ada di mall mall sampai saat ini juga belum buka, dikarenakan aturan protokol kesehatan yang dilarang berdekatan atau berkerumun.

Maka dari itu memiliki home theater di rumah pastinya menjadi hal yang diinginkan oleh mereka yang suka menonton film. Suasana akrab dan juga seru bisa didapat di dalam ruangan yang khusus untuk menonton ini. Selain itu juga memberikan pengalaman baru saat menonton film.

5 TRIK MENDESAIN HOME THEATER

1. MENENTUKAN TEMPAT

Dalam mendesain sebuah home theater tentunya terdapat beberapa pertimbangan seperti lokasi dan ukuran ruangan dalam rumah. Apakah kamu akan menggunakan ruang yang ada untuk dijadikan home theater atau membangun ruang tambahan di rumah. Tentukan layout ruangan dan keperluan di dalamnya.

Penting untuk dapat merencanakan home theater yang sesuai budget dan juga ideal untuk rumah sehingga perlu banyak pertimbangan di dalam perencanaannya. Tentunya akan berbeda rencananya ketika memilih ruangan yang sudah ada atau membangun ruangan baru di dalam rumah.

Memiliki ruangan kosong yang tidak digunakan akan menghemat biaya dibandingkan membangun ruangan baru lagi untuk dijadikan theather. Jadi kita sarankan untuk menggunakan ruang kosong yang kurang berfungsi dan kita rubah menjadi theather.

2. MEMPERBAIKI RUANGAN 

Memperbaiki ruangan kosong yang anda gunakan adalah langkah awal yang harus anda lakukan. Menambal lubang lubang yang ada pada dinding , pintu dan jendela yang harus benar benar anda perhatikan.

Untuk menutup lubang pada atap anda bisa menggunakan triplek yang tebal, triplek tebal memang sangat efisien untuk menutup lubang lubang yang ada pada atap sehingga tidak menimbulkan kebocoran suara yang ditimbulkan dari atap.

Untuk menutup lubang pada jendela dan pintu , maka kita tutup menggunakan mika tebal , karpet juga bisa untuk pintu. Untuk jendela bisa juga kita tutup menggunakan triplek tebal.

3. MEMASANG MATERIAL PEREDAM 

 

Memasang material peredam salah satu hal yang sangat penting dalam mendesain home theater. Dengan adanya material peredam maka suara yang dihasilkan dari dalam ruangan anda tidak mudah terdengar keluar ruangan. Dan suara yang dihasilkan dari dalam ruangan juga tidak menggema. Dan begitu juga sebaliknya, suara kebisingan yang dihasilkan dari luar, tidak mudah masuk kedalam.

Ada berbagai macak material peredam sesuai spesifikasi dan kegunaan masing masing, ada glasswool , rockwool, busa telur dan busa piramid.

Untuk material peredam yang anda gunakan pada home theater kali ini kita sarankan untuk menggunakan material peredam rockwool. Material peredam rockwool ada berbagai macam density (kepadatan) mulai dari density 40-100. Semakin padat density yang anda gunakan maka semakin kedap suara ruangan anda.

Menurut kami dari PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI, anda menggunakan rockwool density 100 untuk material peredam home theater anda. Dikarenakan proses penyerapan suara yang ada di dalam ruangan , biar semakin sempurna dengan rockwool density 100. Rockwool density 100 lebih unggul dalam proses penyerapan suara dibandingkan rockwool density 40,60 dan 80. Rockwool density 100 memang sangat padat kondisi material nya.

4. MEMBERI LAPISAN PADA PEREDAM

Setelah material peredam terpasang pada ruangan anda dengan rapi, maka tugas anda adalah memasang lapisan peredam yang anda gunakan untuk penyerapan suara.

Lapisan peredam yang kami sarankan adalah gypsum akustik, gypsum akustik sangat efisien untuk membantu rockwool untuk melakukan penyerapan suara. Terdapat lubang lubang pada gypsum akustik yang berguna untuk membantu penyerapan suara pada rockwool sehingga suara tidak menggema. Jika kita memasang triplek tebal , maka harus diberi lubang lubang kecil untuk membantu proses penyerapan suara agar suara tidak memantul atau menggema.

5. MEMILIH PERLENGKAPAN AUDIO DAN VISUAL 

Setelah merancang ruang dan material peredam dengan baik dan rapi, tentunya penting untuk memilih perlengkapan audio dan visual untuk home theater. Tentunya teknologi yang semakin canggih akan membuat makin banyaknya pilihan untuk ruanganmu. Perlengkapan seperti layar baik proyektor atau layar datar hingga ke speakerremote, dan kabelnya perlu diperhatikan.

Memilih antara proyektor ataupun layar datar akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan kedua layar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang lebih memilih layar proyektor untuk home theater mereka karena ukuran layar yang besar. Layar proyektor dapat memenuhi keseluruhan dinding ruangan sehingga memberikan kesan pengalaman dalam bioskop.

Untuk tv layar datar pun sekarang sudah keluar dengan berbagai ukuran dengan ketajaman dan juga gambar yang bagus. Selain itu mudah dipasang dan juga dapat digunakan untuk ruangan yang memiliki plafon ruangan yang rendah.

Berikut trik dan cara menurut kami PT.GLOBAL ISOLASI MANDIRI , jika anda ingin mendesain home theater yang kedap suara sesuai keinginan anda.

Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan anda, untuk mendesain home theater kedap suara.

PT. GLOBAL ISOLASI MANDIRI

Supplier Peredam Suara & Peredam Panas

Rockwol, Glasswool, Ceramic Fiber, Busa Telur, Karpet Peredam, Greenwool Hilon, Ruber Foam Insulflex, Aluminium Foil Dll

 

Bagikan

5 CARA MENDESAIN HOME THEATER | Toko Material Peredam

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

PT. GLOBAL ISOLASI MANDIRI

Chat via Whatsapp
Ibnu Pramudia
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ibnu Pramudia
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja